Mengenal Recount Text Recognition: Fungsi, Metode Penulisan, dan Contohnya

Menggunakan flashcards merupakan salah satu cara efektif melatih vocab bahasa Inggris anak - Edu2Review

Recount atau telling adalah teks yang merundingkan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya adalah untuk menginformasikan atau menghibur penonton. Tidak ada komplikasi di antara peserta dan apa yang membedakan mereka dari narasinya.

Misalnya, seperti pengalaman kamu saat berlibur atau pengalaman menyenangkan atau berkesan lainnya. Berbeda dengan teks naratif, dalam teks recount tidak ada konflik atau masalah yang terjadi didalam situasi tersebut. Recount Text dan Naration, Keduanya mengatakan sesuatu di masa lalu sehingga narasi dan penceritaan biasanya berlaku untuk masa lalu.

 

Cara penuturan recount text dilakukan secara kronologis menggunakan waktu atau tempat. Umumnya narasi teks ini ditemukan dalam buku cerita; mitos, dongeng, cerita rakyat, dan lain-lain sementara menarasikan teks-teks ini ditemukan dalam biografi.

Mempelajari materi bahasa Inggris SMA sejak masih duduk di bangku SMP pun tak masalah lho!

Beberapa jenis teks recount adalah sebagai berikut:

  • Personal recount, digunakan untuk menceritakan pengalaman pribadi dan dapat digunakan untuk membangun hubungan antara penulis dan pembaca. Contohnya adalah blog Raditya Dika di mana ia berbagi banyak pengalaman pribadinya.
  • Penghitungan ulang faktual, digunakan untuk melaporkan suatu peristiwa yang merekonstruksi informasi faktual. Contohnya adalah berita tentang kecelakaan yang dimuat di media massa.
  • Penghitungan ulang imajinatif, digunakan untuk membayangkan dan menuangkan cerita dengan konsep fiksi. Misalnya, kamu membuat esai dengan cerita imajinasimu sendiri.
  • Penghitungan ulang prosedural digunakan untuk mencatat langkah-langkah investigasi atau eksperimen yang kemudian dilaporkan dalam bentuk teks. Misalkan kamu memantau penyelidikan polisi atas kasus pencurian, lalu kamu menjelaskan setiap detail penyelidikan dalam sebuah teks.
  • Literary recount, digunakan untuk menceritakan kembali rangkaian peristiwa dengan tujuan memberikan hiburan.

Selain itu, Recount Text adalah teks yang memiliki fungsi atau tujuan untuk menceritakan kembali pengalaman atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Misalnya kita ingin menceritakan pengalaman liburan di pulau Bali atau di pantai. Jadi, kami ingin menceritakan pengalaman tersebut dalam bentuk tertulis, sehingga kami bisa membuatnya menjadi teks bernama Recount text.

Mau mengingat-ngingat materi bahasa Inggris SD? Selengkapnya ada di sini>

Apakah Fungsi dari  Recount Text?

Fungsi Recount Text

beberapa contoh soal dalam ujian menanyakan fungsi teks Menghitung. Tentu kita sudah tidak ada lagi dengan pertanyaan “Apa tujuan teks di atas?” , memang hal seperti itu sering muncul bahkan dalam soal UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Jadi, mudah saja ketika kita ingin menjawab pertanyaan seperti itu, yaitu dengan memahami konsep dasar teks Recount yaitu menceritakan kembali pengalaman / kejadian yang terjadi di masa lalu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan teks recount adalah untuk menceritakan kembali pengalaman menulis / menceritakan kembali kejadian-kejadian tertentu yang terjadi di masa lalu.

Fitur Recount Text Language

Dalam teks Telling kita mengenal beberapa ciri kebahasaan yang digunakan. Dalam konsep dasarnya, teks Recount adalah teks yang menceritakan sebuah pengalaman. Secara sederhana, kita dapat menyimpulkan bahwa teks ini menceritakan peristiwa-peristiwa di masa lalu, sehingga kita dapat mengingat bahwa penggunaan tata bahasa yang terdapat pada teks Recount adalah Past Tense. Penjelasan fitur kebahasaan teks Recount adalah sebagai berikut:

  • Memperkenalkan peserta privat
  • Menggunakan simple past tense
  • Menggunakan koneksi kronologis
  • Menggunakan kata kerja penghubung
  • Menggunakan kata-kata tindakan

Past Tense

Dalam recount grammar text yang digunakan adalah Past Tense yaitu rumus S + V2. Contoh kalimat menggunakan Past Tense: Minggu lalu saya dan keluarga berangkat ke Bali, Kami berangkat dari Jogjakarta jam 07.00 WIB.

Action Verbs

Dalam retexting teks, penulis sering menggunakan verba (Action Verb) Contoh: Going, Visiting, Arriving, dll.

Umumnya, materi report text ada pada materi bahasa Inggris SMP, yaitu di kelas 9

Konjungsi / Konektivitas Waktu

Penulis juga sering menggunakan konjungsi untuk menghubungkan event atau segmen yang ada pada teks Recount. Contoh: Lalu, Setelah Itu, Tapi, Dll

Orientasi

Pada bagian ini, penulis memulai cerita dengan memperkenalkan informasi latar belakang yang menjawab, kapan, di mana peristiwa atau peristiwa tersebut terjadi di masa lalu. Pengakuan berupa pemberian informasi tentang siapa, dimana dan kapan kejadian atau kejadian tersebut terjadi di masa lalu.

Urutan peristiwa

Menyediakan rangkaian peristiwa dalam cerita di teks. Misal ada cerita tentang liburan ke pantai, maka dalam urutan tahapan acara, kamu menceritakan tentang cerita kegiatan yang dilakukan di pantai mulai dari tiba di pantai hingga pulang kampung.

Re-orientasi

Struktur generik dari teks recount terakhir adalah reorientasi, pengulangan pendahuluan yang ada dalam orientasi, pengulangan ringkasan peristiwa atau peristiwa yang diceritakan. banyak yang menjelaskan bagian ini dengan ringkasan yang berisi pengulangan bagian orientasi.

Namun bagi saya, bagian ini sebenarnya adalah bagian dari kesimpulan (kesimpulan) atau kesimpulan yang mengungkapkan pendapat pribadi penulis tentang peristiwa yang telah diceritakan. Misalnya cerita tentang liburan

Pahami juga cara menggunakan report text atau narrative text dan contohnya

Bagaimana Contoh Penulisan Recount Text?

Agar kalian lebih paham bagaimana penulisan recount text yang benar. Kalian bisa melihat contoh

Liburan di Jogja

Minggu lalu saya dan murid-murid saya pergi ke Jogjakarta. Kami menginap di sana di Hotel Satya Graha. Sungguh hari yang luar biasa, saya dan mahasiswa menikmati momen indah di Jogja. Hari pertama kami baru tiba di hotel jam 09.00 pagi. Staf hotel menjemput saya dari bandara dan mengantar kami berjalan-jalan di dekat hotel. Kami menikmati suasana di sekitar hotel tempat kami bisa menemukan makanan khas Jogja.

Sore hari kami mengunjungi Candi Prambanan. Ada tiga candi besar, yaitu candi Brahmana, Siwa, dan Wisnu. Mereka luar biasa. Kami hanya mengunjungi candi Brahmana dan Siwa karena candi lainnya masih dalam tahap renovasi. Kami sangat senang melihat tempat bersejarah yang menakjubkan di sana.

Candi Prambanan juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Kami menghabiskan waktu kami di Prambanan hingga pukul 20.00 kemudian kami dijemput oleh staf hotel untuk makan malam dan kembali ke hotel. Hari kedua kami pergi ke Kraton Jogja. Kami menghabiskan waktu di sana sekitar tiga jam. Kami sangat beruntung dipimpin oleh pemandu yang cerdas dan ramah.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Borobudur. Kami sampai di sana pukul 11.00. Kemudian kami menghabiskan seluruh waktu di Borobudur. Kami sangat menikmati pemandangan Borobudur. Setelah menikmati liburan di Borobudur, selanjutnya kami membeli oleh-oleh disana. Setelah ini, kami berangkat ke Jakarta.

Itu dia pengertian, fungsi dan contoh penulisan Recount Text, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya seputar materi bahasa Inggris hanya di Edu2Review.id!

 


Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: