6 Pilihan Sekolah Internasional di Jakarta Terbaik, Lengkap dengan Biayanya!

Memilih belajar di sekolah internasional memang memiliki banyak kelebihan. Selain faktor kurikulum yang berstandar internasional, masih ada beragam kelebihan lain mulai dari lingkungan belajar yang modern dan multikultur hingga fasilitas yang lengkap. Berikut ini 6 sekolah internasional di Jakarta yang bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang ingin belajar di sekolah internasional berkualitas.

HighScope Indonesia

highscope indonesia - edu2review
Sumber: Highscope.or.id

Sekolah internasional ini memiliki kantor pusat di Amerika Serikat. Sekolah HighScope termasuk dalam daftar sekolah internasional di Jakarta yang menggunakan perpaduan kurikulum Cambridge International dan kurikulum nasional. Kelebihan sekolah ini adalah spektrum pendidikan yang mengarah pada kepemimpinan, kreativitas dan pembentukan karakter siswa. Model pendidikan yang tidak hanya terfokus pada sisi akademik membuat sekolah ini sangat berkarakter. 

HighScope Indonesia memiliki beragam fasilitas pendukung pendidikan guna memperkaya lingkungan belajar. Keunikan sekolah ini adalah adanya kelas multiage; yaitu sebuah kelas berisi dua grade yang belajar bersama. Sekolah ini menggunakan dua bahasa pengantar; yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Biaya sekolah untuk jenjang SD adalah Rp70.000.000 untuk uang pangkal dan SPP per bulan sebesar Rp6.600.000.

British School Jakarta

british school jakarta - edu2review
Sumber: tes.com

Sesuai dengan namanya, British School Jakarta merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Inggris. Sekolah ini adalah sekolah swasta dengan kurikulum internasional yang memiliki jenjang pendidikan dari preschool usia 3 tahun hingga SMA di usia 18 tahun. Salah satu fakta menarik dari sekolah ini adalah banyak selebriti yang memilih untuk bersekolah di British School Jakarta ini. 

Sekolah ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan dibandung di atas lahan seluas 18 hektar. Terdapat kelengkapan berupa ruang olahraga, aula musik, kolam renang, ruang teater dan gedung khusus untuk belajar bahasa. British School Jakarta ini merupakan salah satu pionir sekolah internasional di Jakarta yang juga merupakan salah satu yang tertua di Indonesia karena didirikan sejak tahun 1974 dengan nama British International School. Untuk dapat bersekolah di British School Jakarta ini setidaknya butuh disiapkan dana sekitar Rp300.000.000 dengan SPP bulanan sebesar Rp21.000.000.

Gandhi Memorial International School

Gandhi Memorial International School
Sumber: international-schools.org

Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia. Gandhi Memorial International School didirikan sejak tahun 1950 dan kini menggunakan kurikulum International Baccalaureate. GMI dapat menjadi pilihan sekolah internasional di Jakarta yang memiliki penekanan pendidikan emosional, sosial budaya, akademik dan fisik. Gandhi Memorial School Jakarta ini merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah serupa yang tersebar di 30 negara lebih. Gandhi Memorial School ini memiliki akreditasi Cambridge (IGCSE), Dewab Ujian Musik Australia, Universitas Delhi dan Dewan Pendidikan Menengah dari Asosiasi Universitas India.

Sekolah ini memiliki fasilitas gedung 6 lantai dengan kelengkapan perpustakaan, laboratorium komputer, ruang seminar, ruang musik, lapangan sepakbola, gimnasium dan laboratorium sains. Salah satu kelebihan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah ini adalah sebuah auditorium dengan kelengkapan peralatan akustik dan pencahayaan. Sekolah ini disebut – sebut sebagai salah satu sekolah terbaik di Jakarta. Kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp67.000.000 untuk mulai bersekolah dari jenjang taman kanak – kanak.

Jakarta Intercultural School

Biaya Sekolah JIS

Sekolah ini pada awalnya merupakan sekolah yang disediakan bagi anak – anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya sejak tahun 1950-an. Kemudian sekolah ini berkembang menjadi sekolah umum dengan kurikulum internasional. Jakarta Intercultural School menggunakan kurikulum IB dan didampingi dengan Advanced Placement. Sekolah ini menekankan pada metode dan praktek pendidikan yang komprehensif.

Sekolah ini memiliki jenjang pendidikan dari SD hingga SMA meski lebih populer sebagai salah satu SMA terbaik di area Jakarta Selatan. Jakarta Intercultural School atau lebih populer disingkat dengan JIS memiliki fasilitas pendukung pendidikan berupa perpustakaan dengan koleksi lebih dari 130 ribut buku, kolam renang, lapangan olahraga, gym dan berbagai laboratorium. Sebagai tambahan info sekolah internasional di Jakarta ini; Kamu setidaknya harus menyiapkan dana Rp361.000.000 hingga Rp478.600.000 setiap tahunnya.

Selain sekolah internasional di Jakarta, temukan juga sekolah internasional di daerah-daerah lainnya:

Academic Colleges Group Jakarta (ACG School Jakarta)

Academic Colleges Group Jakarta
Sumber: ACG Schools

Sekolah internasional ini memiliki kantor pusat di Selandia Baru. Academic Colleges Group Jakarta alias ACG School Jakarta merupakan sekolah yang menekankan pembelajaran berbasis kemitraan, integritas, nilai kasih sayang dan menawarkan aktivitas belajar yang unggul. Sekolah ini memiliki jenjang belajar mulai dari TK hingga kelas 13.

Sekolah eksklusif ini memiliki fasilitas pendukung aktivitas pendidikan berupa perpustakaan, laboratorium sains, ruang seni, ruang musik, lapangan olahraga, gym dan kolam renang. Salah satu keunikan sekolah ini dalam mengajarkan kasih sayang dan toleransi adalah ruang ibadah yang digabung menjadi satu. Hal ini merupakan wujud dukungan sekolah ini pada keragaman kepercayaan yang dianut oleh para siswa. Terdapat fasilitas bus sekolah yang menjadi bagian dari paket pendidikan. Untuk biaya sekolah di ACG Jakarta ini Kamu harus menyediakan dana Rp100.000.000 hingga Rp300.000.000 untuk satu tahun ajaran.

Knowledge Link Intercultural School

Knowledge Link Intercultural School

Knowledge Link Intercultural School merupakan sekolah internasional di Jakarta yang berbasis agama Islam. Sekolah ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang tua yang ingin anaknya bersekolah di sekolah internasional tetapi tetap belajar agama Islam pada saat yang sama. Visi sekolah ini adalah melahirkan generasi Qur’ani yang cinta damai dan memiliki pandangan multikultural. Sekolah ini menggunakan kurikulum Cambridge Primary Framework yang didampingi dengan kajian kitab suci Aquran. Biaya pendidikan di KLIS Primary ini sebesar Rp50.000.000 untuk satu tahun ajaran.

Itu dia daftar rekomendasi sekolah internasional di Jakarta yang kerap menjadi pilihan favorit banyak orang. Untuk para orang tua, selamat memilih yang terbaik untuk buah hatimu! Simak juga rekomendasi sekolah internasional di kota lainnya hanya di Edu2Review.id!

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: