Sepenting Apa Simulasi Tes TOEFL Online? Ini Alasan dan Rekomendasi Websitenya!

Tes toefl

Punya hasil TOEFL (Test of English as a Foreign Language) bukan sekadar formalitas. Kamu bakal membutuhkan sertifikat TOEFL buat berbagai keperluan seperti aplikasi beasiswa sampai melamar pekerjaan. Kamu juga tak perlu jauh-jauh datang ke lembaga atau tempat tes buat mengikutinya. Pasalnya ada banyak website yang menyediakan tes TOEFL online yang dapat diakses secara gratis.

Meski tes online bisa diikuti dalam waktu yang fleksibel, kamu tetap harus belajar untuk mendapatkan skor TOEFL yang ditargetkan. Maka dari itu, muncul simulasi tes TOEFL online yang bisa dimanfaatkan supaya kemampuan bahasa Inggris kamu berkembang lebih baik.

Mengapa harus ikut simulasi TOEFL?

TOEFL tak bisa kamu samakan dengan ujian yang diselenggarakan di sekolah atau universitas. Tes ini bakal menguji keterampilan berbahasamu dalam empat segmen. Antara lain writing (menulis), reading (membaca), listening (menyimak/mendengarkan), dan speaking (berbicara). Kemudian, skor dari setiap segmen akan diakumulasikan buat menentukan skor TOEFL.

Nah, keempat keterampilan tersebut membutuhkan pendekatan berbeda buat kamu kuasai. Di sinilah simulasi tes TOEFL online bakal membantu kamu mempelajarinya. Lantas, apa saja manfaat yang bakal diperoleh saat kamu mengikuti latihan tersebut?

Memberikan gambaran TOEFL sesungguhnya

Grogi atau cemas gara-gara belum pernah ikut TOEFL? Kamu bisa menyiapkan diri dengan ikut simulasi tes TOEFL online, sebab prosedurnya dibuat semirip mungkin dengan tes asli. Di sisi lain, kamu jangan berleha-leha juga saat mengerjakan setiap soal yang diberikan simulasi. Simak soal secermat mungkin dan terapkan strategi yang sudah disiapkan untuk menemukan jawaban yang tepat.

Mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris

Kemampuanmu dalam berbahasa Inggris belum sepenuhnya teruji sebelum menghadapi tes keterampilan dalam TOEFL. Simulasi pun diharapkan bisa membantumu mengevaluasi langkah, strategi, hingga pemahaman yang sudah kamu pelajari selama ini. Begitu hasil latihan keluar, kamu dapat menentukan langkah apa saja yang sebaiknya diambil saat ikut TOEFL sesungguhnya.

Meningkatkan kepercayaan diri saat ikut TOEFL asli

Masih banyak peserta TOEFL yang sulit berkonsentrasi karena merasa kurang percaya diri dengan kemampuan mereka. Untuk mengatasinya, kamu bisa ikut simulasi TOEFL secara berkala. Dengan begitu, kamu bisa beradaptasi dengan prosedur dan tata cara TOEFL online. Jadi meski kamu nanti dilanda kebingungan, karena sudah tahu cara mengatasinya.

Tidak akan dikenakan biaya registrasi atau tes

Berbeda dari TOEFL asli yang harus mengeluarkan biaya, simulasi TOEFL bisa kamu ikuti tanpa menguras isi dompet. Jadi, kamu harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memoles kemampuan berbahasa Inggris. Dalam hal ini, kamu harus cari website simulasi TOEFL yang kompeten supaya skor pada tes asli memuaskan.

Memiliki skor TOEFL yang tinggi merupakan impian banyak orang, simak artikel mengenai TOEFL lainnya agar dapat membantu kamu disini

Website simulasi TOEFL mana yang sebaiknya dipilih?

Sudah yakin bakal mencoba simulasi untuk tes TOEFL online? Mencari website latihan memang mudah, kamu tinggal masukkan keyword di mesin pencari saja hasilnya pasti bakal muncul dalam hitungan detik. Namun, hanya segelintir website yang menyediakan simulasi memadai dan lima di antaranya bisa kamu simak berikut ini!

Sudah mencapai view harian hingga 200 ribu, Learn4good.com menjadi salah satu website simulasi populer di kalangan user yang pengin mencoba TOEFL. Jenis TOEFL yang mereka sediakan juga beragam, tetapi yang paling sering diambil adalah TOEFL iBT. Detail seperti tujuan mengikuti TOEFL, penilaian, jumlah pertanyaan, hingga waktu buat menyelesaikan tes pun bisa kamu temukan di sini.

Learn4god.com menyediakan contoh dari 11 tes dengan 25 pertanyaan pada setiap tes, termasuk 17 bagian latihan singkat. Materi yang bakal kamu hadapi sudah disesuaikan dengan standar TOEFL.

Website simulasi tes TOEFL selanjutnya yang bisa kamu akses adalah Examenglish.com. selain menyediakan latihan untuk TOEFL iBT, situs ini kerap membagikan tip seputar TOEFL yang bakal membantumu menghadapi tes sesungguhnya. Soal latihannya pun bukan cuma membahas empat keterampilan utama, karena ada segmen vocabulary yang disediakan.

Seperti Learn4good.com, Examenglish.com termasuk website latihan populer dengan jumlah view per hari yang mencapai 100 ribu.

  • Metacafe.com

Metacafe.com termasuk website latihan TOEFL terbesar yang membagikan macam-macam konten. Salah satunya adalah video tutorial yang bakal membantu kamu memahami TOEFL lewat konten audio-visual. Kamu juga tak bakal bosan menyaksikan video-video tersebut karena durasinya hanya 10 menit dengan pembahasan seputar tip meraih skor tinggi.

Kemudian, tip yang dibahas tak hanya seputar materi TOEFL, tetapi juga meningkatkan konsentrasi hingga mengelola stres sebelum mengerjakan soal.

  • English-test.net

Berikutnya ada English-test.net, situs simulasi tes TOEFL yang bakal memudahkan kamu mencari kumpulan soal latihan, panduan belajar bahasa Inggris, sampai esai yang isinya mirip dengan TOEFL. Contoh-contoh yang ditampilkan juga tak melulu dalam format teks. Kamu bisa memakai flashcard yang lebih interaktif.

Keunggulan lain yang akan kamu jumpai saat latihan di English-test.net adalah forum buat diskusi. Jadi kamu bisa membahas soal-soal TOEFL bersama anggota lain di sana.

  • Engvid.com

Berbeda dari situs-situs sebelumnya, Engvid.com lebih memfokuskan konten mereka pada video. Namun, topiknya masih serupa: meningkatkan skor TOEFL. Kumpulan video yang diunggah ke situs ini sudah dikategorikan menjadi tiga level, yakni level 1 (beginner), level 2 (intermediate) dan level 3 (advanced), sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

Bukan cuma itu, Engvid.com menyertakan 11 guru dengan total lebih dari 1.000 materi dalam format video yang bakal membantumu memperdalam bahasa Inggris.

Semoga kamu bisa lancar mengikuti tes TOEFL online!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: