Serupa Tapi Tak Sama, Apa bedanya sih TOEFL dan IELTS?

Sebelum memutuskan, pastikan kamu mengetahui perbedaan IELTS dan TOEFL terlebih dahulu - Edu2ReviewJika kamu berencana untuk belajar di luar negeri, di negara berbahasa Inggris khususnya, untuk mendapatkan gelar Sarjana atau Master, kemungkinan besar kamu harus menyerahkan skor IELTS atau TOEFL. Walaupun kedua tes stkamur ini sama-sama memiliki fungsi untuk menentukan tingkat Bahasa Inggris kamu dengan menilai kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan kamu, kedua tes ini berbeda dalam format, penilaian, dan lainnya.

Ujian IELTS dan TOEFL adalah dua ujian kemahiran bahasa Inggris yang paling diterima di seluruh dunia. Namun, kedua tes ini berbeda dalam struktur, pendekatan, dan kriteria pengajaran mereka. Ini berarti bahwa kamu perlu memahami perbedaan keduanya sebelum memilih tes mana yang akan dipelajari dan akhirnya diambil.

Perbedaan IELTS dan TOEFL

Apa sih perbedaan keduanya? Dalam artikel ini, Edu2Review akan membantumu mengeksplorasi perbedaan TOEFL dan IELTS. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sejumlah tips untuk mempertimbangkan sejumlah hal sebelum memilih di antara tes bahasa Inggris IELTS atau TOEFL. Langsung saja, ini dia penjelasannya!

Apa itu IELTS?

IELTS adalah singkatan untuk Sistem Pengujian Bahasa Inggris Internasional. Tes ini tersedia dalam dua format, IELTS Academic, bagi mereka yang berencana untuk belajar di tingkat pendidikan tinggi di luar negeri dan Pelatihan Umum IELTS, yang berfokus pada keterampilan sosial dan konteks tempat kerja. Pada bagian ini, kami akan fokus pada IELTS Academic.

Tes IELTS menggunakan Bahasa Inggris british dan terdiri dari empat bagian yaitu membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara. Selesai dua jam dan 45 menit, termasuk waktu transfer dari satu bagian ke bagian berikutnya. IELTS diterima di ribuan institusi di lebih dari 140 negara.

Namun, masing-masing institusi memiliki persyaratan sendiri untuk skor IELTS. Setelah siswa mengikuti tes, mereka kemudian dapat memilih hingga lima organisasi di mana salinan hasil IELTS mereka akan dikirim secara gratis.

Lalu, Apa yang Harus Kita Pahami dari Perbedaan TOEFL dan IELTS?

Apa itu TOEFL?

TOEFL merupakan akronim untuk Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Ini adalah tes kecakapan berbahasa Inggris, yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika, ETS, untuk mengukur kemampuan membaca, berbicara, menulis, dan kemahiran seseorang dalam bahasa Inggris Amerika. Skor TOEFL adalah persyaratan untuk lebih dari 900 universitas dan institusi lain di lebih dari 130 negara. Ada dua metode untuk mengikuti tes ini, dapat diambil sebagai Tes Berbasis Kertas (TOEFL PBT) atau Tes Berbasis Internet (TOEFL IBT).

Membandingkan IELTS dan TOEFL, mana yang terbaik?

Untuk Inggris, hanya IELTS UKVI, yang juga digunakan untuk mendukung aplikasi Visa dan Imigrasi Inggris kamu. Tetapi untuk Jakarta dan Surabaya, TOEFL atau IELTS akan melakukannya. Siswa yang ingin mengikuti tes dapat menemukan pusat lokal tempat tes ditawarkan. Untuk menemukan lokasi tes untuk IELTS, kamu dapat mengunjungi situs web IELTS.

Kedua tes terdiri dari empat bagian yang menilai aspek terpenting bahasa, berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Namun, TOEFL sepenuhnya pilihan ganda, sedangkan pada soal IELTS, memiliki campuran jawaban pendek dan pertanyaan esai.

Nah, jadi itulah dia perbedaan TOEFL dan IELTS yang telah kami sajikan untuk kamu. Selamat memilih yang paling pas untukmu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: