Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

simple past tense

Seperti namanya, simple past tense merupakan salah bentuk kalimat yang paling sederhana dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, beberapa dari kamu mungkin sering salah atau bingung dalam menggunakannya karena kamu harus mengubah verba ke dalam bentuk lampau. Agar tak lagi bingung, kamu perlu memahami pengertian, rumus, dan fungsi tense ini. Kamu juga akan belajar cara membuat kalimat menggunakan tense ini.

Apa Itu Simple Past Tense?

Pertama-tama, kamu harus tahu pengertian simple past tense. Simple past adalah tense dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mengatakan sesuatu yang telah terjadi atau yang pernah terjadi dulu. Kamu bisa membayangkan saat seseorang bertanya mengenai apa yang ayahmu lakukan saat pergi ke Jakarta bulan lalu.

Contoh:

My dad went to Pasar Tanah Abang

(Ayahku pergi ke Pasar Tanah Abang.)

Contoh:

My dad bought a lot of clothes.

(Ayahku membeli banyak pakaian.)

Kedua kalimat di atas menyiratkan hal-hal yang dilakukan ayah kamu terjadi di masa lampau atau sudah terjadi.

Tidak seperti past continuous tense yang digunakan untuk mengatakan sesuatu yang terjadi di masa lalu dalam jangka waktu tertentu, fungsi simple past tense adalah untuk menekankan bawah kejadian tersebut sudah benar-benar berakhir.

Contoh:

He had a lot of money.

(Dia dulu punya banyak uang.) 🡪 Sekarang dia tidak lagi punya banyak uang.

Kamu juga bisa menggunakan simple past untuk menunjukkan kondisi di masa lalu, seperti perasaan seseorang terhadap sesuatu. Kamu bisa menggunakan verb to be bentuk lampau dan noun, adjective, atau prepositional phrase.

Contoh:

His stand-up comedy was the highlight of the last-week show.

(Stand-up comedy-nya adalah highlight dari pertunjukan minggu lalu.)

Mempelajari semua tenses bahasa Inggris sangatlah penting. Pahami juga tenses berikut ini:

Rumus Simple Past Tense

Tak sulit membuat kalimat menggunakan simple past tense. Kamu hanya perlu mengikuti rumus sederhana berikut.

Subjek + Verba Lampau

Hal yang menantang saat membuat kalimat past tense adalah mengubah verba ke dalam bentuk lampau. Jangan sampai salah membuat bentuk lampau sebuah verba, ya.

Cara Membuat Kalimat Simple Past

Kadang kamu bingung saat harus membuat kalimat simple past tense karena kamu harus mengubah verba ke dalam bentuk lampau. Kebingungan muncul karena ada dua jenis verba, yaitu regular verbs dan irregular verb.

Mari kita coba membuat kalimat simple past menggunakan regular verb dulu yang lebih mudah. Untuk mengubah regular verb ke dalam bentuk lampau, kamu hanya perlu menambahkan akhiran -ed atau -d pada akar kata verba.

Contoh:

Type 🡪 Typed

Play 🡪 Played

Love 🡪 Loved

Push 🡪 Pushed

Membuat bentuk lampau dari regular verbs terbilang mudah. Kamu akan mulai bingung saat harus membuat bentuk lampau irregular verbs. Beberapa irregular verbs tidak mengalami perubahan sama sekali saat dibuat dalam bentuk lampau.

Contoh:

Cut 🡪 Cut

Hit 🡪 Hit

Cost 🡪 Cost

Set 🡪 Set

Put 🡪 Put

Ada juga irregular verb dengan bentuk lampau yang terbilang random atau tak berpola.

Contoh:

Build 🡪 Built

Go 🡪 Went

See 🡪 Saw

Do 🡪 Did

Bagaimana cara mudah untuk membuat bentuk lampau dari irregular verbs tersebut? Tidak ada cara yang mudah karena tidak ada pola yang bisa kamu ikuti. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghafalkan bentuk lampau dari irregular verbs tersebut.

Untungnya, kamu tidak harus menyesuaikan verba dengan jumlah subjek saat membuat kalimat simple past karena verba yang kamu pakai hanya verba bentuk lampau.

Cara Membuat Kalimat Simple Past Negative

Walaupun kamu mungkin agak bingung saat membuat bentuk lampau dari irregular verbs saat membuat kalimat simple past tense, memuat kalimat simple past negative mempunyai rumus sederhana dan mudah. Kamu tidak perlu bingung dengan perubahan verba ke dalam bentuk lampau. Kamu hanya perlu menggunakan rumus ini.

Subjek + did not + verba akar

Contoh:

I did not watch the movie.

(Aku tidak menonton film.)

Kalimat ini menyiratkan kejadian di masa lampau.

Untuk verb to be, kamu tidak perlu menggunakan did untuk membuat kalimat simple past negative. Jika subjek kalimatnya adalah singular, kamu hanya perlu menggunakan was not. Jika subjek kalimat kamu adalah plural, kamu bisa menggunakan were not.

Contoh:

I was not happy at all.

(Aku tidak gembira sama sekali.)

Kalimat ini juga menyiratkan kejadian di masa lampau.

Cara Membuat Kalimat Pertanyaan

Bagaimana jika kamu ingin membuat kalimat pertanyaan dalam simple past tense. Tak perlu bingung! Kamu tinggal mengikuti rumus sederhana berikut tanpa harus pusing dengan perubahan bentuk lampau verba.

Did + subjek + verba akar?

Contoh:

Did you buy the clothes?

(Apakah kamu membeli bajunya?) 🡪 menyiratkan kejadian yang sudah terjadi atau di masa lalu

Apakah rumus yang sama juga bisa digunakan jika kamu menggunakan verb to be? Dalam hal ini, kamu tidak perlu menggunakan did lagi. Did bisa kamu ganti dengan was atau were sesuai dengan jenis subjek.

Contoh:

Were you sad?

(Apakah kamu sedih?) 🡪 lampau

Was he nice to you?

(Apakah dia baik padamu?) 🡪 lampau

Bagaimana, mudah bukan mempelajari simple past tense?

Yuk, pelajari juga tenses lainnya hanya di Edu2Review.id!

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: