11 Situs Gratis untuk IELTS Practice, Tak Perlu Keluar Uang!

ielts practice

IELTS bukanlah tes bahasa Inggris sembarangan. Terlepas dari materi ujian yang sulit, biaya untuk satu kali ujian tidaklah murah. Setidaknya kamu harus menyiapkan Rp3.000.000 hanya untuk satu tes, tanpa tes ulang atau perbaikan ketika kamu gagal. Sayang sekali jika harus mengulang tes berkali-kali, bukan?

Agar bisa sukses dalam satu ujian IELTS, tentunya harus melakukan persiapan matang terlebih dahulu. Langkah pertama yang harus kamu ukur dulu tentang kemampuan bahasa Inggris kamu. Jika kamu merasa kemampuanmu belum matang, kamu dapat mulai belajar bahasa Inggris bahkan dari dasar lagi.

Kamubisa belajar sendiri atau mengambil kursus bahasa Inggris. IELTS merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini diselenggarakan bersama oleh pihak-pihak seperti Cambridge University, British Council dan IDP Education Australia. Ada dua jenis modul ujian IELTS yang tersedia  yaitu modul umum dan modul akademik.

IELTS akan diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 140 negara. Organisasi-organisasi ini termasuk pemerintah, lembaga akademis, dan pemberi kerja. Kemudian kamu  bisa terus mendalami segala hal tentang materi IELTS secara otodidak atau kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan IELTS.

Jika belajar mandiri adalah pilihan, kamu dapat belajar melalui buku persiapan IELTS dan kamu juga dapat menggunakan situs web untuk belajar IELTS online. Saat ini sudah banyak media yang tersedia yang bisa kamu gunakan untuk belajar IELTS secara online. Salah satunya melalui website.

Dari website ini untuk belajar IELTS kamu bisa mempelajari materi plus ada juga soal latihan yang bisa kamu gunakan untuk latihan. Selain itu, hasil IELTS juga akan membantu kamu memenuhi persyaratan jika kamu bermigrasi ke negara lain. Semua otoritas imigrasi yang membutuhkan tes bahasa Inggris akan menerima IELTS. Berikut adalah 11 Situs Gratis untuk IELTS Practice, meliputi :

IELTS Mentor

Situs web: http://www.ielts-mentor.com/

IELTS Mentor dirancang untuk memenuhi kedua modul IELTS: modul akademik (untuk mereka yang ingin mendaftar ke pendidikan tinggi), dan modul umum (untuk mereka yang ingin bekerja). Situs ini juga menyediakan banyak template untuk setiap keterampilan IELTS, beserta tips efektif yang bisa dicoba.

Using English

Situs web: https://www.usingenglish.com/

Di situs kedua ini, kamu akan diuji secara online untuk meningkatkan empat keterampilan yang akan diujikan pada tes IELTS. Sama seperti yang pertama, Using English lebih difokuskan pada keterampilan menulis. kamu juga akan diberi kesempatan untuk berlatih menulis, dan akan menerima umpan balik tentang kesalahan kosakata dan ekspresi. Cara ini cukup efektif untuk menilai kemampuan dengan cepat.

Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lengkap tentang apa itu IELTS.

IELTSbuddy.com

Situs yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk persiapan IELTS dengan langsung mengikuti tes uji coba berbagai jenis-jenis tes IELTS. Keunggulannya terletak pada bagian materi, khususnya tata bahasa dan kosakata. Kamu dapat mengikuti tes menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara di situs ini. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti tes uji coba IELTS adalah ada masukan tentang bagian mana yang perlu ditingkatkan.

IELTS.org

Sesuai dengan namanya, situs ini memang merupakan situs resmi dari lembaga penyelenggara IELTS. Jadi tidak salah jika kamu meluangkan waktu untuk belajar IELTS dengan mengikuti tes langsung dari situs ini. Selain menguji diri sendiri dengan mengikuti serangkaian tes yang diadakan oleh lembaga resmi penyelenggara tes IELTS.

Kamu akan mendapatkan banyak informasi penting di situs ini. Kamu juga akan mendapatkan informasi terkait format tes IELTS hingga informasi pendaftaran, biaya dan lokasi tes terdekat yang dapat dijangkau dengan mudah.

IELTS Simon

Website: http://ielts-simon.com/

Simon ialah salah satu guru IELTS yang terkenal, dan penguji IELTS yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Simon akan memberikanmu latihan, ringkasan e-book, atau pertanyaan sekaligus jawaban dari ujian-ujian IELTS beberapa tahun terakhir. Konten yang terkandung dalam situs ini selalu di-update secara berkala.

Dengan berbagai pengetahuan, dan tips-tips yang sangat berguna dan mudah dimengerti. IELTS Simon juga cukup menarik pembaca karena di dalamnya ada cara untuk mengimplementasikan keterampilan penulisan dengan ringkas dan efektif. Tentunya sangat ideal bagi mereka yang mau mendapatkan IELTS score 7.0 ke atas.

Baca juga: Kenapa Tes IELTS Dibutuhkan untuk Mengajukan Beasiswa? Ini Alasannya

IELTS Exam

Website: https://www.ielts-exam.net/

Jika kamu memiliki keinginan untuk merasakan ujian IELTS yang sebenarnya dan menguji keterampilan bahasa Inggris kamu langsung, maka IELTS Exam adalah situs yang tepat untuk kamu coba. Interface atau antarmuka situs ini sengaja dirancang dengan sederhana dan mudah dilihat. Konten yang dimilikinya pun tak kalah menarik.

Terdapat banyak referensi ujian, sehingga ke depannya kamu bisa berlatih meningkatkan kosakata, dan secara komprehensif meningkatkan keempat keterampilan. Kamu juga bisa mengunduh ujian dalam format PDF, sehingga kamu merasa lebih nyaman untuk dijadikan simulasi tes IELTS nanti.

IELTS for Free

Situs web: http://ieltsforfree.com/

IELTS For Free adalah situs persiapan IELTS gratis yang populer. Konten di situs ini sangat beragam. Banyak materi IELTS yang berguna, seperti tes komprehensif dari keempat keterampilan. Ada kursus yang disediakan dalam bentuk video. Visualisasi dalam video juga dapat mempermudah pembelajaran materi.

Baca juga: Mitos-Mitos dalam Tes IELTS, Percaya atau Tidak?

IELTS Essentials

Situs web: https://www.ieltsessentials.com/

Situs berikutnya ini cukup berguna untuk menggabungkan materi persiapan IELTS. Mulai dari tes sampel, tips belajar, hingga referensi buku hingga praktik. Secara khusus IELTS Essentials memiliki banyak materi yang telah disesuaikan dengan tujuan diklat peserta yaitu modul akademik, atau modul diklat umum. Lumayan juga.

IELTS Material

Situs web: https://ieltsmaterial.com/

Situs persiapan IELTS online ini berisi ringkasan tip belajar paling berguna. Selain itu, ada materi tes yang diperbarui secara berkala, beserta contoh jawaban, dan tips dari master IELTS. Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari belajar IELTS secara online melalui website ini adalah setiap item akan dijelaskan dengan mudah. Kamu juga dapat memilih dan mengikuti rute pembelajaran yang tersedia.

Goodluck IELTS

Situs web: http://www.goodluckielts.com/

Goodluck IELTS adalah website yang menyediakan informasi dan bahan pelajaran untuk semua tes keterampilan IELTS. Namun, situs ini lebih berfokus pada keterampilan berbicara. Hal baiknya adalah memang ada banyak contoh topik dan pidato untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Sehingga tentunya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu.

Britishcouncil.com

Situs web ini adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar IELTS dan mempersiapkan diri untuk ujian. Kenapa begitu? Ini karena British Council adalah salah satu pihak yang melaksanakan tes tersebut. Organisasi internasional Inggris ini mempersiapkan tes praktik IELTS sebagai persyaratan kompetensi bahasa Inggris.

Ielts preparation & practice lengkap mulai dari membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Jadi jika kamu belajar dari sini, setidaknya kamu akan memiliki gambaran tentang ujian.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: