Tahukah Kamu? Ternyata Bisa Kursus Bahasa Inggris Gratis di Kedutaan!

British Council

Kursus bahasa Inggris gratis di Kedutaan merupakan sebuah program bagi masyarakat Indonesia yang diadakan oleh Kedutaan Besar negara lain yang ada di Indonesia. Di antara Kedutaan yang mengadakan program ini adalah Kedutaan Inggris melalui British Council Indonesia. Di samping belajar, nantinya lulusan dari program ini juga bisa mengajar bahasa Inggris.

Jika kamu merupakan salah satu di antara sekian banyak orang Indonesia yang ingin belajar bahasa Inggris gratis melalui program ini, maka mari simak penjelasan berikut ini.

Tentang British Council

British Council merupakan sebuah lembaga hubungan internasional dari Inggris yang berdiri pada tahun 1934. Lembaga ini memfokuskan diri pada bidang budaya. Hingga kini, lembaga ini telah mendirikan kantor sebanyak 229 cabang di kota besar dan kecil yang berada di kurang lebih 110 negara di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

British Council Indonesia menjadi salah satu sarana membangun hubungan antara Inggris dengan Indonesia. Karena lembaga ini berfokus pada bidang budaya maka di antara program yang dicanangkan adalah program seni, pendidikan, dan tentunya pembelajaran bahasa Inggris.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, British Council Indonesia berusaha menawarkan program belajar bahasa Inggris kepada masyarakat Indonesia. Tujuan diadakannya program ini adalah agar masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan bahasa Inggris dengan kualitas tinggi serta memiliki kualifikasi internasional.

Dalam mengagendakan program belajar bahasa Inggris, British Council mempunyai Tim Program dan Kemitraan khusus yang bekerja dalam rangka meningkatkan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia, sehingga dengan hadirnya tim khusus tersebut, pembelajaran bahasa Inggris dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Program Belajar Bahasa Inggris dari British Council

Program bahasa Inggris yang ditawarkan oleh British Council sangat beragam. Untuk itu, kamu perlu mengetahuinya terlebih dahulu agar program yang diambil sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Berikut adalah uraiannya:

1. Bahasa Inggris untuk Usia Dewasa

Di dalam program ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris gratis secara online. Caranya adalah dengan mengunjungi situs web resmi milik British Council. Di dalam situs tersebut berisi banyak sekali materi-materi bahasa Inggris yang diformulasikan dalam bentuk teks, audio, dan bahkan video. Selain itu, kamu dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena di dalamnya terdapat ribuan latihan interaktif. Yang terpenting, kamu bisa mengunduh materinya secara gratis.

2. Bahasa Inggris untuk Remaja

Program ini sengaja dirancang khusus untuk remaja berusia 13 tahun sampai dengan 17 tahun. Di dalamnya, terdapat sajian materi bahasa Inggris berupa praktik berbahasa, kiat-kiat sukses, tata bahasa, kosakata, bahkan ada juga sajian berupa video dan teka-teki dalam bahasa Inggris.

Pelajari materi bahasa inggris SMP atau bahasa Inggris SMA di sini >

3. Bahasa Inggris untuk Anak-anak

Program ini dirancang untuk anak-anak yang berusia antara 5 tahun sampai 12 tahun. Program ini bisa diakses secara online dan tentunya berisi materi-materi berbahasa Inggris yang ramah anak. Materinya dibalut dengan permainan, lagu, cerita, video, dan sarana-sarana menyenangkan lainnya. Selain berguna bagi anak-anak, program ini bisa menjadi referensi bagi para orang tua dan guru dalam mengajarkan bahasa Inggris yang menyenangkan.

Mencari bahasa Inggris anak dari TK hingga SD? Di sini lengkapnya! >

4. Bahasa Inggris untuk Bisnis

Program ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu kuasai khusus dalam dunia bisnis. Di samping itu, program ini bisa kamu jadikan alternatif sebagai sarana belajar kalau-kalau di suatu saat nanti kamu ingin melamar pekerjaan di sebuah wilayah, tempat bahasa Inggris menjadi bahasa kerja di sana. Untuk bisa mendapatkan materi kursus bahasa Inggris gratis dari British Council, kamu bisa mengunjungi website resminya di sini.

Selain belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa tes IELTS di British Council, bandingkan mana yang terbaik IDP vs British Council untuk tes ->

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dari British Council

Kursus bahasa Inggris gratis di Kedutaan yang diadakan oleh British Council telah mengalami perkembangan. Mereka telah menyadari betapa pentingnya peran ponsel di masyarakat Indonesia. Untuk itu, mereka berusaha melebarkan sayap pembelajaran bahasa Inggris melalui segenggam ponsel.

Akhirnya, British Council menawarkan aplikasi belajar bahasa Inggris yang kompatibel di beberapa jenis ponsel. Di dalam aplikasi tersebut, akan disuguhkan materi berupa podcast, kuis, permainan, film, dan latihan.
Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini memang sengaja dirancang guna meningkatkan tata bahasa, kosakata, dan bahkan cara pengucapan dalam bahasa Inggris, serta berguna untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes berbahasa Inggris.

Ada banyak sekali aplikasi yang ditawarkan, di antaranya adalah:

1. Learn English Grammar

Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris gratis, baik di rumah, di perjalanan, dan di mana saja. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mempelajari tata bahasa Inggris.

Pelajari grammar bahasa Inggris di sini selengkapnya ->

2. My Word Book

Aplikasi ini menyediakan semacam note untuk menambahkan catatan yang bisa kamu tulis sendiri. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang sedang menambah kosakata bahasa Inggris.

3. Learn English Audio & Video

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menonton podcast dan video yang disuguhkan oleh British Council untuk meningkatkan kemampuan listening. Di samping itu, setiap video disertai dengan teks tulis. Kamu bisa mendownload aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh British Council melalui Google Playstore ataupun Apple App Store. Selain aplikasi yang telah disebutkan, masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kursus bahasa Inggris gratis di Kedutaan yang bisa kamu coba. Selain pihak Kedutaan Inggris, sebenarnya kedutaan lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya juga menawarkan kursus bahasa Inggris gratis, seperti Kedutaan Amerika Serikat yang ada di Indonesia.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: