British Council Vs IDP, Mana yang Paling Bagus untuk IELTS Test di Jakarta?

Melakukan tes bahasa Inggris IELTS tentu menjadi sebuah kebutuhan bagi para siswa atau mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah ke negara negara yang membutuhkan IELTS sebagai prasyarat bahasa untuk bisa belajar di institusi di negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada 2 lembaga terkenal yang kerap kali digunakan untuk tes IELTS di Jakarta, yaitu British Council (BC) dan International Education Specialist (IDP). Keduanya boleh dibilang merupakan tempat tes yang sudah terstandar secara materi dan penilaian dan sertifikatnya juga diakui secara internasional.

Lalu? Manakah yang layak dipilih? Tim Edu2review telah merangkum beberapa kesimpulan dari responden baik langsung maupun testimoni mereka di internet. Yuk simak artikel dibawah!

1. Tempat

Sebagai lembaga yang memiliki lisensi nama atas IELTS itu sendiri. British Council tidak memiliki venue pasti yang digunakan untuk tes IELTS. Tempatnya berubah rubah, seperti pengalaman beberapa responden kami yang pernah tes di Hotel Diradja, Mercure, El Royale Hotel Kelapa Gading dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan sedikit membuat repot peserta karena lokasi yang berbeda beda membuat menjadi tidak familiar untuk sebagian orang serta perbedaan fasilitas dan kondisi gedung juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi para peserta.

IDP sendiri memiliki gedung yang terletak di Atrium Mulia Jakarta Selatan. Tentu dengan standarisasi gedung seperti ini akan membuat perbedaan antara venue test menjadi tidak ada dan pihak penyelenggara dapat melakukan kontrol lebih semisal apabila ada alat yang rusak, ac yang kurang dingin dan lain sebagainya dapat diperbaiki sehingga membuat peserta test menjadi nyaman.

Winner : IDP

2. Biaya

Secara biaya, per November 2019, British Council sendiri mematok biaya Rp 2.900.000 untuk tes IELTS General dan Academic Training. Biaya nya dipatok dalam jumlah rupiah sehingga sudah pasti dan tidak berfluktuasi sesuai kurs.

Sedangkan IDP sendiri mematok biaya dalam jumlah Dollar. Per November 2019, biaya yang dipatok IDP adalah sebesar 215 Dollar US untuk IELTS General dan Academic. Apabila dikurskan dengan kurs 17 November 2019, yaitu sebesar 14.073 Rupiah. Maka biaya tes menjadi Rp3.025.000 

Biaya di IDP tentu lebih mahal dengan kurs yang berlaku sekarang. Dan ada potensi naik lagi apabila kurs berfluktuasi. Tentu bagi para siswa dan mahasiswa yang memiliki budget yang mepet, ketidakpastian biaya ini akan membuat masalah.

Winner: British Council

3. Materi dan Test

Secara materi dan test. Keduanya memiliki penilaian yang sama dengan sistem penilaian dan skoring yang sama. Sertifikat bahasa Inggris IELTS dari kedua lembaga ini pun diakui secara Internasional sehingga tidak ada masalah untuk hal ini.

Winner: Equal

4. Fasilitas Test

Berdasarkan review yang kami himpun dari responden dan review test IELTS di Jakarta secara online. Fasilitas yang diberikan oleh British Council kurang konsisten. Dimana banyak ditemukan speaker yang kurang jernih, headphone dan mic yang kurang sensitif dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan venue yang berpindah pindah tersebut. Sehingga banyaknya mobilitas yang terjadi dan membuat alat menjadi rusak ataupun settingannya menjadi berubah.

Sedangkan di IDP sendiri fasilitasnya semua dirawat dengan baik dan memiliki kualitas yang konsisten karena venue nya yang tetap sehingga membuat fasilitas test tersebut dapat terus dijaga dan dikontrol kualitasnya

Winner: IDP

Kesimpulannya, bagi kamu yang ingin melakukan test IELTS di Jakarta bisa mempertimbangkan dua lembaga ini. Apabila kamu menginginkan tempat test yang terstandar dan tidak berpindah namun biayanya sedikit lebih mahal / fluktuatif maka kamu bisa memilih IDP sebagai pilihanmu. Namun apabila kamu tidak masalah dengan hal tersebut dan ingin test dengan biaya lebih standar dan tidak fluktuatif maka kamu bisa memilih British Council sebagai pilihannya.

Overall Winner : IDP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: