9 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris dalam 3 Bulan, Pemula Juga Bisa!

Ada sejumlah tips belajar bahasa Inggris untuk kamu yang baru mempelajarinya di usia dewasa. Ikuti dan lihat hasilnya dalam 3 bulan!

tips belajar bahasa inggris

Tidak sedikit orang yang baru mulai belajar bahasa Inggris untuk pertama kalinya di usia dewasa. Kamu tak perlu malu jika menjadi salah satunya. Justru, kamu harus bangga pada dirimu sendiri lantaran masih memiliki keinginan untuk belajar.

Memang, kendalanya mungkin akan ada pada waktu belajar. Bagaimanapun, otak orang dewasa sudah dipenuhi oleh berbagai hal, berbeda dengan otak anak-anak yang masih polos sehingga lebih mudah untuk dimasukkan materi baru. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa.

Ada sejumlah tips belajar bahasa Inggris secara kilat yang bisa kamu ikuti. Dengan sejumlah tips ini, kamu bisa mengetahui trik-trik ampuh agar materi bahasa Inggris mudah menempel di pikiranmu. Psst, bahkan beberapa orang sudah membuktikannya, dan berhasil fasih berbahasa Inggris hanya dalam waktu 3 bulan lho!

Wah, seperti apa saja sih tips belajar bahasa Inggris tersebut? Ini dia selengkapnya!

Temukan daftar tempat kursus bahasa Inggris terbaik di kotamu >

Perbulat Niat dan Tekad

Niat dan tekad terlebih dahulu untuk belajar bahasa inggris dan untuk bisa mengusai bahasa Inggris. Jika sudah ada kemauan yang kuat, maka jalan selanjutnya akan lebih mudah untuk bias mencapai tujuan dan cita-cita dalam menguasai bahasa inggris.

Penting juga untuk memahami grammar bahasa Inggris >

Baca Banyak Kosakata Baru

Apakah kalian malas untuk membaca apa saja kosa kata yang ada di dalam bahasa Inggris? Jika iya selamat karena kalian sudah menolak untuk bisa cepat bahasa Inggris! Kalian tahu apa bahasa Inggrisnya minyak lampu? Jika tahu itu sudah bagus, jika belum bagaimana? Belajar! Karena bagian ini paling penting dari sebuah bahasa.

Kamu bisa memasang target harus menghapal berapa banyak kosa kata baru bahasa Inggris dalam sehari. Kamu bisa memanfaatkan buku kamus bahasa Inggris maupun internet. Hendaknya kamu menghapal bagaimana cara menuliskan kata tersebut, sekaligus cara mengucapkannya yang benar.

Untuk mengetahui cara pengucapan yang benar dari suatu kata kamu bisa mendengarnya langsung dari internet, biasanya dari situs kamus bahasa Inggris, contohnya :thefreedictionary.com.

Situs tersebut memang merupakan situs bahasa Inggris yang memberi penjelasan juga dalam bahasa Inggris. Tapi bagi kamu yang pemula bisa memanfaatkannya untuk mendengarkan cara pengucapannya dengan mengklik gambar yang berbentuk terompet setelah kamu memasukkan suatu kata kunci yang hendak dicari maknanya.

Alternatif lainnya adalah situs kamus.net yang merupakan situs online kamus bahasa inggris – indonesia. Disana selain mendapatkan arti kata dalam bahasa Indonesia, kamu juga bisa mendengar cara pengucapan kata. Akan tetapi kelemahannya situs tersebut kurang lengkap (walau terus mengalami perbaikan dari waktu ke waktu).

Alternatif tambahan adalah : fitur translate atau terjemahan yang ada di situs google dimana selain berfungsi sebagai kamus (bisa per kata bisa juga per kalimat), juga bisa untuk mendengarkan cara pengucapan kata. Akan tetapi ketepatan google translate ini tak 100%, jadi cuma sebagai pembantu.

Temukan pentingnya belajar bahasa Inggris agar kamu semakin semangat >

Pelajari cara mengucapkan alfabet

Dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris seperti: aku, kamu, mereka, dia, disana, siapa, mengapa, dimana, apa kabarmu, baik, ucapan selamat dsb. Ini bisa kamu pelajari dari buku-buku belajar bahasa Inggris manapun, tak harus yang mahal-mahal (anak-anak sekarang seharusnya sudah mempelajarinya di sekolah).

Lebih bagus lagi jika kamu bisa mempelajarinya di internet memanfaatkan mesin pencari google. Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat kamu dalam belajar karena merasa bisa setelah belajar hal-hal yang mudah.

Beberapa artikel ini bisa membantumu dalam mendapatkan pekerjaan:

Jenis-Jenis Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Contoh Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris yang Mudah! 

11 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Pahami rumus grammar yang tepat

Grammar adalah hal  penting bagi  Kamu sebagai pelajar. Mengapa demikian? Karena status bahasa Inggris di Indonesia adalah bahasa asing, bukan bahasa asli, atau bahasa kedua. Jadi, grammar adalah sebuah hal yang wajib untuk dipelajari.

Dengan mempelajari grammar dengan tepat kamu tentu akan lebih mudah untuk lebih cepat belajar bahasa inggris.

Perbanyak Membaca Bacaan dalam Bahasa Ingris

Internet, koran / majalah bahasa Inggris, buku-buku bahasa Inggris, dsb. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah kamu kuasai, kamu diharapkan paling tidak sudah bisa mengerti tulisan bahasa Inggris. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang kamu bisa tahu, tak masalah.

Jangan takut ! Kamu masih dalam tahap belajar. Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, kamu malah akan bisa menambah kosakata kamu yakni dengan menkamui kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Kamu juga akan dapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.

Dengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tidak perlu sulit-sulit pergi kelab bahsa Inggris tiap minggu untuk mendengarkanlistening bahasa Inggris. Kalian cukup mendengarkan lagu bahasa Inggris. Kok bisa? Ternyata cukup 1 hari saja kalian sudah fasih dalam hal listening! Dengarkan lagu-lagu yang enak didengar dalam bahasa Inggris.

Dengarkan dan nikmati berkali-kali, lalu terka saja lirik yang diucapkan. Jika kalian sudah hafal melodi nya dan kalian sudah menerka liriknya, coba bandingkan dengan lirik aslinya. Berapa banayak kalian salah? Jika banyak, coba dan coba lagi. Maka dalam sehari saja kalian akan sudah bisa mengikuti listening bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Latihan berbicara bahasa Inggris

Ketika kita ingin bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dalam 1 hari, kita malah enggan berbicara bahasa Inggris dalam 1 hari ful. Hanya moment-moment tertentu misalnya pas di pelajaran bahasa Inggris saja. Ya tentu saja 1 hari belajar bahasa inggris tidaklah cukup.

Coba praktek berbicara bahasa Inggris dengan full kepada siapa saja dan dimana saja..Anggap saja orang disekitarmu adalah bule yang tidak menggunaklan bahasa Indonesia. Dan kamu diwajibkan berbicara bahasa Inggris. Lakukan hal ini bahkan ketika kamu berbicara di dalam hati. Hanya perlu waktu sehari kamu sudah bisa berbicara bahasa Inggris (Speaking) dengan bule sekalipun!

Mulai Menulis dalam Bahasa Inggris – Jangan Takut Salah!

Apakah kalian masih malu-malu menuliskan sesuatu dengan bahasa Inggris? Lalu bagaimana bisa kalian fasih berbahasa Inggris dalam 1 hari. Apakah kalian masih malu-malu menuliskan sesuatu dengan bahasa Inggris? Lalu bagaimana bisa kalian fasih berbahasa Inggris dalam 1 hari.

Lakukan hal ini dalm 1 hari full. Dan lihat apa yang terrjadi! Kalian sudah selangkah lebih maju! Toh bahasa Inggris kan intinya berkomunikasi! Jika 1 hari saja kalian sudah semuanya menulis dengan bahasa Inggris, kalian sudah bisa tinggal di luar negeri. Inget, satu harinya dengan kejadian yang benar-benar detail ya sobat. Mulai dari kalian bangun tidur- hingga tidur lagi loh!

Menonton Film Berbahasa Inggris

Dengan sering menonton film bahasa Inggris, secara tidak langsung kita sudah bisa belajar bahasa inggris sedikit dari apa yang diucapkan dan didengar dalam film terserbut.

Tontonlah film barat berbahasa Inggris tetapi tidak menggunakan subtitle Indonesia. Jika kesulitan, pelajari gerak-gerak bahasa Tubuh dari si actor pemeran di film tersebut.

Karena kamu di kehidupan sehari-hari ketika bertemu bule tidak akan melihat subtitle dibawah bule tersebut ketika dia berbicara. Latihlah terus menerus, hingga kamu mengakap point kalimat yang diucapkan. 1 Hari menonton film barat tanpa subtitle akan melatih kamu 10 kali lebih baik dalam belajar berbahasa Inggris!

Okee sampai disini dulu ya pembahasan kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk terus belajar karena dengan kita makin banyak tahu, kita makin jadi manusia yang lebih berguna lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: