Tips Sukses Belajar IELTS Selama 3 Bulan

Kamu ingin belajar IELTS secara cepat untuk studi dan menetap di luar negeri, namun baru tahu sedikit tentang IELTS? Simak tips belajar IELTS selama 3 bulan dari Edu2Review!

Persiapan IELTS adalah praktik menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Ketika berlatih, semua keterampilan bahasa saling melengkapi. Artikel berikut menunjukkan beberapa metode efektif untuk berlatih IELTS dalam waktu tiga bulan saja!

  1. Identifikasi Target Belajar IELTS

Menentukan tujuan menjadi hal penting ketika ingin belajar IELTS secara cepat. Ketika kamu mengetahui targetmu, kamu takkan merasa cepat bosan atau tidak termotivasi, karena sudah mengetahui yang ingin dicapai.

Menetapkan target IELTS yang ingin dicapai, misalkan di skor 6.0 atau skor 6.5, akan membantumu belajar secara terfokus dan efektif.

  1. Dengarkan Pengalaman Orang Lain yang Sudah Belajar IELTS

Mendengarkan cerita dan pengalaman orang lain yang pernah mengambil tes IELTS akan sangat berguna. Baca dan dengarkan setidaknya 5-6 artikel, sharing session orang lain mengenai IELTS, sehingga kamu bisa menemukan gaya belajar IELTS yang cocok dan efektif.

article 12.1Pelajari IELTS secara efektif (sumber: CAFÉ IELTS)

  1. Belajar dari Penutur Asli

Setelah menentukan tujuan, perhatikan langkah selanjutnya. Jangan hanya berlatih tata bahasa, kosa kata dan kuis, namun tidak berlatih kemampuan berbicara sehingga membuatmu gagal di tes IELTS.

Intinya, bahasa Inggris mencerminkan budaya dan seni suatu bangsa. Ini juga merupakan tujuan utama tes IELTS: menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Pelajari bagaimana penutur asli menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka.

  1. Belilah Buku IELTS yang Tepat

Salah satu tips belajar IELTS yang cepat dan mudah adalah membeli buku praktik IELTS. Namun jangan sampai salah beli, karena banyak buku yang ditujukan untuk tingkat mahir/praktisi.

Berikut daftar rekomendasi buku IELTS untuk pemula yang ingin memahami IELTS dengan cepat.

  • Latihan Berbicara : Two IELTS Speaking Books by Mark Clark atau Mark Allen

Perbedaannya di buku Mark Allen sering membahas struktur berbicara, sedangkan di buku Mark Clark lebih membahas contoh pembicaraan itu sendiri.

  • Latihan Menulis : Simon’s IELTS Writing Task 1, Task 2 by Mark Clark

Kedua buku ini memiliki pembahasan informatif dan struktur bagus, sehingga mudah dipahami pemula.

  • Latihan Membaca dan Mendengarkan : The set of 9 Cambridge Practice Tests For IELTS.

Buku ini memiliki set latihan yang lengkap dan akurat. Berlatih dengan 36 judul latihan yang ada di buku ini, maka skor IELTS kamu dijamin melebihi skor 6.0!

Pastikan melatih keempat skill di atas secara berkesinambungan, karena semuanya mempengaruhi hasil IELTS kamu. Belajar dengan cara-cara di atas selama 3 bulan, dijamin hasilnya akan melebihi ekspektasi kamu!

Semoga hasilnya memuaskan ya!

15 Situs Terbaik untuk Belajar IELTS Online

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: