5 Tips Mendapatkan Skor Tes IELTS Listening yang Tinggi

IELTS Listening
Menonton film barat adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris otodidak yang efektif – Edu2Review

Mendapatkan hasil tes IELTS yang tinggi tentu merupakan impian bagi banyak orang. Apalagi sekarang ini, berbagai institusi telah menerapkan tes IELTS sebagai prasyarat untuk registrasi, misalnya seperti mendaftar Universitas di luar negeri, mencari pekerjaan di luar negeri maupun mendaftar beasiswa.

Untuk mendapatkan hasil tes IELTS yang tinggi tersebut pasti dibutuhkan latihan dan tips tips tertentu yang bisa menaikkan skor IELTS mu. Ada berbagai macam tips untuk meningkatkan skor tes IELTS di berbagai bagian tes. Salah satu bagian tes IELTS yang paling sulit adalah tes listening.

Di mana kebanyakan dari orang Indonesia tentu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama sehari hari, oleh karena itu banyak yang kurang terbiasa mendengar dan menerjemahkan langsung ucapan bahasa Inggris langsung dari native speaker-nya seperti yang ada di dalam tes IELTS.

Namun begitu, jangan putus asa. Berikut adalah tips-tips bagaimana sih mendapatkan skor IELTS tinggi di bagian listening!

Kuasai Ejaan dan Alfabet Bahasa Inggris 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan agar kamu dapat mempunyai kemampuan listening yang baik adalah menguasai ejaan alfabet bahasa Inggris secara benar. Seperti yang kita tahu pelafalan ejaan dalam bahasa Inggris tentu berbeda dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu kuasailah alfabet dan ejaan dalam bahasa Inggris terlebih dahulu untuk memudahkan kamu melangkah ke step selanjutnya

Biasakan anakmu kelak untuk memahami ejaan bahasa Inggris sejak dini dengan cara berikut ini

Gunakan Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari Hari

Kita semua tentu sudah pernah mendengar istilah “Bisa Karena Biasa” . Nah istilah tersebut berlaku juga dalam pemahaman listening bahasa Inggris. Setidaknya luangkanlah waktu minimal 3 – 4 jam untuk berlatih percakapan bahasa Inggris sehari hari baik di kampus, kantor, sekolah atau dirumah.

Berlatihlah dengan orang yang sudah mahir dalam berbahasa Inggris, baik itu teman sebaya, kakak maupun orangtua. Dengan mempraktekkan bahasa Inggris dalam percakapan sehari hari tentu akan memudahkan kamu untuk membiasakan diri dengan tes Listening yang ada di dalam tes IELTS tersebut.

Tonton Film / Youtube Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

Kebanyakan diantara kita tentu menonton film / video berbahasa Inggris dengan subtitle. Meskipun ini adalah hal yang wajar, namun kebiasaan ini tentu tidak akan mengasah skill listening bahasa Inggrismu.

Mulailah menonton film / video Youtube berbahasa Inggris tanpa subtitle. Uji dirimu seberapa jauh kamu dapat memahami maksud film / video tersebut tanpa subtitle. Semakin sering kamu melakukan tips ini, dijamin lama lama kamu terbiasa deh!

Beberapa judul film yang bisa kamu tonton untuk memelajari bahasa Inggris misalnya seperti Jurassic Park, The Hunger Games, dan Harry Potter. Apabila kamu belum pernah menonton film-film tersebut, kamu bisa menggantinya dengan film berbahasa Inggris favoritmu. Lantaran kamu sudah tahu jalan ceritanya, kamu tidak akan kesulitan ketika mematikan subtitlenya dan menelaah lagi percakapan yang muncul.

Temukan 8 daftar rekomendasi film untuk melatih bahasa Inggris lebih lengkap lagi di sini

Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Apabila kamu tidak mempunyai cukup waktu untuk menonton film / video Youtube secara terus menerus. Maka alternatif selanjutnya adalah mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Mulailah dari mendengarkan Podcast yang bertema ringan seperti komedi atau ulasan peristiwa, hal ini tentu untuk proses pembiasaan dan tema tema ringan pastinya dapat dengan mudah dicerna oleh otak.

Apabila kamu sudah mulai terbiasa, mulailah beralih ke Podcast dengan tema yang lebih berat misalkan Podcast tentang isu sosial, seni atau lain sebagainya untuk melatih dan menambah pengetahuan kosakata bahasa Inggrismu.

Belajar dari situs situs British Council, VOA learning English dan Ello 

Salah satu hal yang bisa menambah kemampuan listeningmu dalam tes IELTS adalah belajar bahasa Inggris otodidak langsung dari situs situs terkenal diatas. Situs situs tersebut menawarkan pelajaran listening yang komprehensif dengan cuma cuma. Kamu bisa berlatih kapan saja dan dimana saja dengan hanya bermodalkan gadget dan kuota internet saja!

Nah bagaimana? Tentu tips tips di atas terdengar mudah dilakukan ya? Semoga membantu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: