Tips Merangkum Materi Bahasa Inggris yang Tepat dan Terlihat Indah

Materi Bahasa Inggris

Bagi kamu yang masih berstatus pelajar pastinya saat ini sedang disibukkan dengan setumpuk tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan. Kebanyakan dari kalian semua pastinya merasa begitu kesulitan dengan banyaknya serangkaian tugas tersebut.

Tapi tahukah kamu, jika masih ada banyak sekali cara yang ampuh untuk lebih memudahkan kamu mengingat setiap mata pelajaran baik itu matematika, materi bahasa Inggris dan untuk materi – materi yang lainnya.

Jika kamu kesulitan untuk memahami keseluruhan materi, misalkan seperti materi Bahasa Inggris maka kamu bisa membuat rangkuman materi bahasa Inggris yang akan lebih memudahkan kamu ketika belajar nantinya.

Manfaat Membuat Rangkuman Materi Bahasa Inggris

Sebuah rangkuman yang sudah disusun sedemikian rupa berdasarkan dari berbagai materi yang terpenting akan lebih dapat membantu dalam belajar supaya lebih menjadi efektif dan juga efisien. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membuat sebuah rangkuman yang bisa kamu dapatkan :

  1. Berbagai materi yang disajikan dengan lebih ringkas akan jauh lebih mudah untuk dipahami dan akan lebih memudahkan untuk diingat.
  2. Waktu di dalam belajar menjadi lebih efisien dan juga efektif dan tidak ada waktu yang terbuang percuma.
  3. Tidak membutuhkan buku tebal untuk dibawa kemanapun, sehingga menjadi lebih praktis.
  4. Karena materi sudah disusun berdasarkan garis besarnya maka otak akan lebih mudah untuk mencernanya.

Tips Membuat Rangkuman Materi Bahasa Inggris Yang Tepat Dan Baik

Persiapan

Langkah awal sebelum kamu memutuskan untuk membuat sebuah rangkuman materi bahasa Inggris kelas 4 SD adalah membuat persiapan yang matang. Buat rangkuman tersebut sebelum mendekati waktu ujian, sehingga kamu akan lebih santai di dalam membuatnya dengan cara dicicil dan akan lebih fokus tidak terburu-buru.

Membaca materi bahasa Inggris terlebih dahulu

Jangan malas untuknya membaca materi bahasa Inggris kelas 4 secara menyeluruh, kamu bisa menggunakan sistem membaca dengan cepat. Tidak usah membacanya terlalu lama atau justru kami malah menghafalkannya.

Sebisa mungkin kamu bisa membaca satu kalimat dengan utuh, supaya kamu lebih dapat memahaminya di saat membaca dengan cepat tidak setengah-setengah dan justru malah membuang-buang waktu saja.

Tandai bagian – bagian yang terpenting

Kegiatan ini harus kamu lakukan bersama dengan ketika kamu membaca yaitu berikan sebuah tanda di bagian-bagian yang paling terpenting dari materi tersebut. Bagian penting dasarnya terdiri dari inti, pengertian, kata kunci yang ada dalam sebuah paragraf.

Pakai penanda dengan warna-warna yang cerah supaya lebih bisa untuk membantu otak di dalam mengingat sebuah kalimat sehingga berbagai materi tersebut dapat terserap menjadi lebih baik lagi. Jangan gunakan  sebuah tanda yang terlalu berlebihan. Pastikan kamu benar-benar menandainya hanya di bagian -bagian yang terpenting saja.

Memberikan target waktu 

Bagian yang satu ini merupakan salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya tetapi masih sering dilupakan. Sebelum kamu melakukan pencatatan ulang lebih baik kamu menentukan target waktunya terlebih dahulu. Bisa seperti kamu memberikan target selama 3 jam kamu harus sudah menyelesaikan rangkuman yang mana di bagi pada 1,5 jam yang pertama kamu akan fokus membaca materi tersebut 3 bab dan 1,5 jam berikutnya baru kamu dapat mengulang untuk mencatatnya.

Catat kembali dengan lebih menarik

Aktivitas yang satu ini mungkin paling ditunggu-tunggu karena banyak sekali orang yang sampai terlena dan lupa waktu ketika sedang fokus mencatat ulang. Di saat kamu sedang melakukan mencatat rangkuman materi bahasa Inggris kelas 4 SD usahakan untuk menggunakan berbagai macam warna-warna yang paling kamu suka.

Sebelum mulai mencatat siapkan lebih dahulu pena, stabilo, pensil yang akan kamu pakai untuk mencatat ulang. Hal ini dilakukan supaya di saat kamu mencatat akan lebih mudah dan tidak mencari-cari lagi.

Pakai warna yang hampir senada, karena ini nantinya akan lebih bisa untuk kamu lebih semangat dalam belajar. Setelahnya catat bagian-bagian yang penting tanpa harus dihafalkan dan bagian yang kamu catat ulang adalah di bagian yang sudah kamu beri tanda di awal tadi. Jika nantinya kamu menemukan sebuah gambar maka kamu dapat mencetaknya.

Selain belajar merangkum materi bahasa Inggris. Yuk pelajari juga cara membuat procedure text dalam bahasa Inggris!

Ada rumus maka tambahkan satu soal

Tips yang satu ini sebenarnya berlaku untuk beberapa mata pelajaran yang memerlukan hitung-hitungan seperti matematika, fisika, kimia maupun ekonomi tetapi tidak menutup kemungkinan bahasa Inggris juga membutuhkannya.

Jika berurusan dengan sebuah angka maka kamu hanya perlu mencatat rumusnya saja beserta satu soal. Bagi buku secara vertikal menjadi dua yang mana di bagian kanan kamu tuliskan rumusnya dan bagian kiri kamu tulis arti dari rumus-rumus tersebut.

Satu paragraf pakai satu kalimat 

Ketika kamu sudah menemukan kata kunci di dalam sebuah paragraf maka kata kunci tersebut dapat kamu rangkai sendiri menjadi satu buah kalimat, jadi pada satu paragraf tersebut kamu tidak usah menuliskan ulang kalimatnya.

Namun, ini harus kamu tetap sesuaikan dengan guru yang mengajar karena ada guru yang biasanya mengharuskan siswa untuk memberikan jawaban berdasarkan dari buku paket tersebut. Jika seperti itu kamu hanya cukup menyalin kalimat utama yang ada dalam paragraf tersebut ke dalam catatan yang kamu miliki.

Pelajari aneka verb dalam bahasa Inggris super lengkap disini!

Baca ulang

Jika sudah hampir mendekati ujian, maka kamu dapat membaca kembali rangkuman materi bahasa Inggris yang sudah kamu buat itu, kamu dapat melakukannya di malam hari maupun satu hari sebelum kamu melakukan ujian.

Nah, bagaimana? Semoga tips diatas dapat membantu kamu untuk merangkum materi bahasa Inggris ya!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: