Tips Mudah Belajar TOEFL Sendiri di Rumah

Banyak sekali orang yang beramai – ramai mendownload aplikasi belajar TOEFL di Playstore maupun Appstore lain untuk melatih kemampuan bahasa Inggris diri sendiri. Kamu tentu pernah mendengar istilah TOEFL yang sering dikenal dengan ujian tes para mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi, bukan? Namun, bagaimana cara mudah belajar TOEFL secara otodidak di rumah tanpa menggunakan jasa les tertentu?

Apa yang dimaksud dengan TOEFL?

Tes toefl

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mudah belajar TOEFL di rumah, ada baiknya kamu sendiri mengetahui mengenai apa itu TOEFL. Secara umum, TOEFL merupakan suatu tes kemampuan dasar yang digunakan dalam mengukur seberapa tinggi tingkat kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan langsung dengan proses belajar mengajar.  

Dalam TOEFL ini biasanya mencakup beberapa aspek seperti Listening Comprehension, Structure and Writing Expression, Reading Comprehension dan Test of Written English (TWE). Dengan adanya tes ini, maka kamu akan bisa mengetahui kemampuan diri sendiri dalam pemahaman belajar bahasa Inggris.

Macam – macam Tes TOEFL

Dalam belajar TOEFL online sendiri biasanya terdapat 3 macam tes yang harus kamu selesaikan. Adapun ketiga tes ini di antaranya sebagai berikut :

  • International TOEFL Test 

Merupakan soal baru yang terdapat dalam setiap pelaksanaan tes. Tes ini memiliki masa berlaku selama dua tahun dan dapat diterima oleh seluruh universitas di dunia. Bahkan, tes ini bisa digunakan untuk melamar beasiswa hingga ke luar negeri.

  • Institutional TOEFL Test

Merupakan soal lama yang bersumber pada soal – soal beberapa tahun sebelumnya dari International Test. Untuk tes Institutional TOEFL ini memiliki masa berlaku hanya 6 bulan saja. Meski demikian, biasanya terbilang terjangkau dan bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri dan bisa mendaftar beasiswa. 

  • TOEFL Like Test

Tes ini dikatakan mirip dengan Institutional TOEFL Test yang bersumber dari soal – soal sebelumnya. Berbeda dari kedua tes di atas, TOEFL Like Test ini hanya bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan universitas tertentu di Indonesia. 

Jenis – jenis TOEFL

Penting untuk kamu ketahui bahwa ETS / English Testing Service sendiri umumnya mengeluarkan beberapa jenis TOEFL untuk digunakan seseorang, di antaranya sebagai berikut :

Mengapa Kamu Perlu Belajar TOEFL?

Belajar TOEFL sangat penting bagi seseorang untuk bisa mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris nantinya. Tak hanya itu, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu untuk mengikuti tes TOEFL demi masa depan. Nah, beberapa alasan yang melatarbelakangi kamu perlu ikut tes TOEFL yakni :

  • Sebagai salah satu persyaratan masuk universitas

Tahukah kamu, bahwa mengikuti tes TOEFL ternyata berguna sebagai salah satu persyaratan masuk universitas tertentu. Hal ini lantaran kebanyakan perguruan tinggi biasanya akan melihat seberapa tinggi skor TOEFL kamu dalam menguasai bahasa Inggris. Tentu saja, hal ini wajib dipertimbangkan sebelum mendaftar universitas, bukan?

  • Menjadi persyaratan wajib kelulusan universitas

Rata – rata banyak perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswa maupun mahasiswinya untuk memenuhi persyaratan wajib TOEFL sebelum dinyatakan lulus. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti tes TOEFL agar mendapatkan skor terbaik dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

  • Dapat mengajukan beasiswa di universitas pilihan

Bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, bisa menggunakan tes TOEFL untuk mengajukan beasiswa di universitas pilihan hingga ke luar negeri. Meski demikian, tentunya nilai skor yang didapatkan harus sesuai standar kebijakan universitas yang dipilih, bukan? Maka dari itu, ada baiknya kamu mulai sekarang melatih diri dalam menghadapi tes TOEFL. 

  • Sebagai persyaratan melamar pekerjaan

Tak banyak orang yang tahu bahwa mengikuti tes TOEFL nyatanya juga bisa menjadi salah satu hal yang menguntungkan ketika melamar pekerjaan. Sebagai contoh ketika menghadapi wawancara pekerjaan, maka Anda dapat memperlihatkan tes TOEFL ke HRD sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima Anda di bagian tertentu. 

Temukan artikel mengenai TOEFL lainnya yang mungkin bermanfaat untuk kamu disini

Bagaimana Cara Belajar TOEFL Sendiri di Rumah?

Jika kamu berkeinginan untuk mengikuti tes TOEFL namun terkendala biaya dalam membayar jasa les, tidak ada salahnya untuk belajar TOEFL sendiri di rumah. Nah, belajar TOEFL di rumah ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan cara – cara sebagai berikut :

  • Meluangkan waktu minimal 2-3 jam per hari

Cara efektif belajar bahasa Inggris di rumah bisa kamu lakukan yakni dengan meluangkan waktu kurang lebih 2-3 jam per hari untuk berlatih Listening, Reading dan Structure (Grammar).

  • Sering berlatih soal TOEFL

Demi memudahkan diri dalam mengerjakan tes TOEFL, tidak ada salahnya untuk kamu sering berlatih soal – soal bahasa Inggris yang bisa dibeli datau didownload dari media online tertentu.

  • Perbanyak belajar kosa kata bahasa Inggris

Hal yang bisa kamu lakukan ketika melatih kemampuan bahasa Inggris yakni dengan memperbanyak belajar kosa kata bahasa Inggris. Jika menemukan kosa kata yang sulit dimengerti bisa kamu catat dan hafalkan.

  • Mempelajari kelas kata dasar bahasa Inggris

Untuk bisa memahami bahasa Inggris lebih jauh, sebaiknya kamu lebih dulu mempelajari kelas kata dasar seperti verb, adverb, noun dan lain – lain agar memudahkan diri sendiri lancar mengerjakan tes TOEFL. 

  • Menonton film dan mendengarkan musik berbahasa Inggris

Banyak orang yang sukses tes TOEFL hanya dengan menonton film dan mendengarkan berbagai musik dalam bahasa Inggris. Sebab, hal ini secara tidak langsung akan melatih kemampuan Listening diri sendiri dan juga pengucapan tiap kata dalam bahasa Inggris tersebut. 

Nah, bagaimana? Semoga artikel ini dapat membantu kamu belajar TOEFL secara mandiri dirumah ya!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: