Tips Sukses Presentasi Bahasa Inggris dan Contoh dari Awal Sampai Akhir

bahasa inggris

Perasaan cemas dan grogi pastinya menghantui kita saat akan menghadapi presentasi apalagi dengan menggunakan bahasa Inggris. Salah satu yang kita takutkan pastinya tatanan kata, grammar, serta gugup dalam berbicara. Padahal, jika kita menikmatinya semua kecemasan itu akan hilang dan presentasi akan lancar. Nah, bagaimana ya untuk menghilangkan pikiran ini dan meningkatkan kepercayaan diri untuk presentasi bahasa Inggris? Ikuti tipsnya di bawah ini!

Persiapan Presentasi bahasa Inggris

Agar presentasi berjalan maksimal, kamu perlu persiapan matang. Apa saja persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan presentasi?

Mempersiapkan bahan presentasi bahasa Inggris

Ibarat sebelum perang, kamu perlu mempersiapkan semua amunisinya jangan sampai ada yang tertinggal. Pilihlah topik yang sudah kamu kuasai sehingga saat mempresentasikannya kamu sudah enjoy dan bisa berbicara dengan lancar. Pembawaan kamu yang enjoy akan mempengaruhi cara kamu menyampaikan pesan ke audiens, lho! Tulis materi yang ingin kamu sampaikan berupa poin-poin yang akan kamu tulis dalam slide.

Jika kamu sudah mendapatkan poin-poin besar yang ingin kamu presentasikan, buatlah slide presentasi yang baik. Pilih tulisan dan ukuran tulisan yang mudah dibaca oleh audiens. Saat menyusun slide, posisikan diri kamu sebagai audiens yang akan melihat presentasimu.

Latihan Presentasi Bahasa Inggris

Poin kedua ini merupakan poin yang paling penting. Walaupun kamu sudah khatam dengan materi yang ingin kamu sampaikan, berlatih tetap diperlukan. Berlatih lah dengan menggunakan stopwatch dengan tujuan mengetahui durasi presestasimu. Jangan terlalu sebentar atau terlalu lama yang akan membuat audiens bosan. Idealnya, dalam 1 slide kamu bisa menjelaskan 1-2 menit, jika 1 slide lebih dari 4 menit sepertinya kamu harus membagi 2 slide tersebut.

Selain latihan berbicara, kamu juga bisa latihan untuk melakukan eye contact saat presentasi. Melakukan eye contact akan membuatmu jauh lebih tenang karena bisa mengetahui reaksi audiens yang tersorot dari tatapan matanya. Pilihlah wajah yang kamu kenal dan jangan lupa beri senyuman untuk memberikan interaksi yang natural.

Penampilan

Mungkin kita terlalu fokus dengan materi dan juga slide presentasi yang akan ditampilkan sampai lupa memperhatikan diri sendiri. Jangan lupa dengan penampilan diri sendiri yang bisa kamu mulai dengan menjaga kesehatan sampai juga mengenakan pakaian yang rapi. Audiens pastinya ingin melihat sang speaker terlihat fit dan juga good looking saat membawakan materi.

Contoh Presentasi Bahasa Inggris

Good morning, friends. I am Hamdani from Bondowoso. I would like to present about borobudur temple. Borobudur Temple is a 9th-century Mahayana Buddhist monument near Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha

The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kamadhattu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu. Worldwide knowledge of its existence was sparked in –1814 by Sir Thomas Stamford Raffles.

Borobudur has since been preserved through several restorations. The largest restoration project was undertaken between 1975 and 1982 by the Indonesian government and UNESCO, following which the monument was listed as a UNESCO World Heritage Site. Borobudur is still used for pilgrimage; once a year Buddhists in indonesia celebrate Vesak at the monument. Thank you.

Artinya :

Selamat pagi teman-teman. Saya Hamdani dari Bondowoso ingin mempresentasikan tentang Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah monumen dari abad ke-9 agama  Buddha Mahayana yang terletak di Magelang, Jawa Tengah,  Indonesia. Monumen ini terdiri dari enam platform persegi atasnya dan tiga platform sirkular, dan dihiasi dengan 2. 672 panel relief dan 504 patung Buddha. Sebuah kubah utama, terletak di pusat platform dibagian atas, dikelilingi oleh 72 Buddha.

Monumen ini berfungsi sebagai kun untuk Sang Buddha dan tempat ziarah para Buddhis. Perjalanan untuk peziarah dimulai dari dasar monumen dan mengikuti jalan yang mengelilingi monumen dengan cara naik ke atas melalui tiga tingkat kosmoIogi Buddhis, yaitu Kamadhattu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia bentuk) dan Arupadhatu. Pengetahuan di seluruh dunia mengenai keberadaan candi tersebut dimulai pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Sejak itu, Borobudur diawetkan melalui beberapa pemugaran. Proyek pemugaran terbesar dilakukan antara tahun 1975 dan 1982 oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO. Borobudur masih digunakan untuk ibadah haji bagi umat Budha; sekali setahun Buddha di Indonesia merayakan Waisak di monumen tersebut. Terima kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: