Hal-Hal yang Harus Dilakukan Dalam Persiapan Tes IELTS

Orang-orang selalu tertarik dengan apa yang harus dilakukan saat persiapan ujian, atau apa yang harus dipelajari, namun hampir tak ada yang bertanya-tanya tentang langkah terbaik yang harus dilakukan untuk mendapatkan skor tinggi. Untuk itu, di sini kami akan memberikan tips persiapan tes IELTS supaya kamu mencapai skor yang diimpikan!

  • Pahami struktur ujian IELTS, dan ketahui kriteria penilaian dari para penguji. Sebagian besar orang hanya memahami struktur ujiannya, tapi malah mengabaikan penilaian penguji. 

IELTS merupakan sebuah tes akademis, sehingga kosakata yang sulit akan banyak ditemukan. Tapi, bukan berarti kosakata sederhana bisa diabaikan begitu saja. Penggunaan kosakata ilmiah terus-terusan saat sesi berbicara atau menulis, hanya akan membuatmu seakan sengaja menyombongkan diri dan memamerkan kemampuanmu.

Tips nya adalah, pahami setiap kosakata dengan kesulitan tinggi, namun gunakanlah dengan porsi yang tepat, bukan malah menyalahgunakannya untuk menyombongkan diri.

  • Ketahui kemampuanmu dalam setiap keterampilan yang akan diujikan pada tes IELTS; Mendengarkan – Berbicara – Membaca – Menulis sebelum persiapan belajar dimulai. Memahami kemampuan bahasa Inggrismu dalam keempat aspek keterampilan tersebut akan memudahkanmu dalam  memilih metode belajar yang efektif nantinya.
  • Tentukan target skor yang ingin dicapai. Hal ini juga akan mempengaruhi metode dan gaya belajar yang akan kamu jalani nantinya, maka pertimbangkan secara matang.
  • Cari sesama teman yang akan mengikuti ujian IELTS. Cara ini juga cukup efektif dan membantu. Selain lebih termotivasi, kamu juga jadi punya teman bicara untuk melatih keterampilan berbicara.

Bagaimana persiapan tes IELTS yang efektif?

Setelah memiliki pemahaman dasar mengenai tes IELTS beserta cara-cara efektif dalam menaklukan target skor, kamu harus segera mulai belajar. Persiapan IELTS adalah sebuah proses, dan tujuan dari proses ini adalah untuk menambah pengetahuan sekaligus meningkatkan keterampilan.

Ya, persiapan tes IELTS adalah mengenai keduanya. Pengetahuan bahasa Inggris bisa dipelajari hanya melalui buku atau informasi yang didapatkan secara online, namun tidak untuk pelatihan keterampilannya. Cara terbaik adalah dengan melakukan simulasi tes berkali-kali sebelum menjalani tes yang sebenarnya.

Berlatih secara teratur merupakan hal yang penting dalam persiapan tes IELTS. Sebab, keterampilan yang telah dilatih ini bisa hilang ketika tidak diasah terus-terusan. Tenang, kamu tak harus selalu melatihnya dengan cara yang itu-itu saja kok. Kamu juga bisa menggunakan cara menyenangkan seperti dengan menonton film, bermain game, atau berbicara langsung dengan penutur asli bahasa Inggris.

Tes IELTS bukanlah sebuah hal yang sulit. Nyatanya sudah terbukti, banyak orang yang berhasil lulus dengan skor memuaskan. Berikan usaha terbaik jika kamu mau mendapatkan skor terbaik pada tes IELTS ini. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, dan semoga kamu berhasil!

Berikut adalah beberapa daftar artikel yang dapat membantumu mempersiapkan tes IELTS:

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: